Monday 15 September 2014

Cara melangsingkan tubuh



Cara melangsingkan tubuh
Cara melangsingkan tubuh untuk menjadikannya ideal dan tampil percaya diri membuat banyak orang yang merelakan atau menghabiskan waktunya berjam-jam setiap hari di gym dengan harapan bisa membakar lemak lebih banyak yang menumpuk di dalam tubuh. tetapi menurut penelitian terbaru, hanya memerlukan waktu latihan sekitar tiga menit dalam satu minggu untuk membantu menurunkan berat badan. alasannya yaitu dengan melakukan aktivitas olahraga intens, yang biasa dikenal dengan high-intensity interval training (HIT) berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di beberapa universitas di Birmingham dan Nottingham, melakukan latihan berintensitas tinggi sekali dalam satu minggu memberikan hasil yang jauh lebih efektif dalam peluruhan lemak dibandingkan olahraga rutin per hari. demikian dikutip Times of India dari Daily Express, HIT dapat mendorong pelepasan hormon yang berfungsi membakar lemak, sehingga membantu menyingkirkan timbunan lemak yang membentuk seperti tonjolan-tonjolan daging pada tubuh. Olahraga berintensitas tinggi juga memindahkan glukosa dari darah ke jaringan otot, yang kemudian dibakar menjadi energi sehingga tidak menumpuk menjadi lemak. selain itu, aktivitas fisik yang intens juga bisa mengurangi hasrat makan. berbeda dengan olahraga dengan intensitas sedang atau rendah yang justru menambah nafsu makan setelah berolahraga. orang yang ingin menurunkan berat badan akan lebih kecil kemungkinannya untuk tergoda ngemil makanan yang tidak sehat atau memilih berolahraga jalan cepat dibandingkan latihan di gym.
Lalu apa saja olahraga yang termasuk dalam kategori HIT? segala bentuk aktivitas yang memicu semua anggota tubuh bergerak dalam gerakan yang cepat perdetiknya, seperti lari, jogging, bersepeda dan jalan cepat. Profesor James Timmons, yang memimpin penelitian di Birmingham mengatakan, "dengan latihan yang sangat intens, akan melepaskan hormon yang bisa membantu meluruhkan lemak. setelah olahraga selesai, hormon akan tetap bekerja membakar lemak. Beliau menyimpulkan bahwa HIT bisa mengurangi hasrat makan, sementara olahraga tradisional seperti fitnes akan menstimulasi hasrat makan."
Namun untuk poin terakhir ini, James mengaku masih belum bisa memastikan kebenarannya. Teori James dan rekan-rekannya, masih terus dikaji ulang dan sedang diadakan penelitian lebih lanjut untuk memastikan jawabannya.



No comments:

Post a Comment